!WELCOME!

Rabu, 15 Mei 2013

Alat Optik Teropong

Alat Optik V

™Teropong™



Teropong atau teleskop adalah alat yanggunakan untuk melihat benda-benda yang jauh agar tampak lebih jelas dan dekat. Ditinjau dari objeknya, teropong dibedakan menjadi dua, yaitu teropong bintang dan teropong medan.

™Teropong Bintang™

Tropong bintang adalah teropong yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda langit, seperti bintang, planet dan satelit. Nama lain teropong bintang adalah teropong astronomi. Teropong bintang terdiri atas 2 lensa cembung, yaitu sebagai lensa objektif dan okuler. Sinar yang masuk kedalam teropong dibiaskan oleh lensa. Lensa objektif mempunyai fokus lebih panjang daripada lensa okuler (lensa okuler lebih kuat daripada lensa objektid). Hal ini dimaksudkan agar diperoleh bayangan yang jelas dan besar. Bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif selalu bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Bayangan yang dibentuk lensa okuler bersifat maya, terbalik, dan diperkecil terhadap benda yang diamati.


™Teropong Bumi™



Teropong medan digunakan untuk mengamati benda-benda yang jauh dipermukaan bumi. Teropong bumi terdiri atas 3 lensa cembung, masing-masing sebagai lensa objektif, lensa pembalik dan lensa okuler. Lensa pembalik hanya membalikkan bayangan yang dibentuk lensa objektif, tidak untuk memperbesar bayangan.


™Teropong Sandiwara™



Ada teropong bumi yang hanya menggunakan 2 lensa (teropong panggung), yaitu lensa cembung sebagai lensa objektif dan lensa cekung sebagai okuler. Lensa cekung di sini berfungsi sebagai pembalik bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif dan sekaligus sebagai lup. Sifat bayangan dibentuk maya, tegak dan diperbesar daripada bayangan yang dibentuk lensa objektif. Teropong ini sering disebut teropong panggung atau teropong Belanda atau teropong Galileo.


♫ Teropong Bintang
¶ Mata tidak berakomodasi:

¶ Mata berakomodasi maksimum:


♫ Teropong Bumi
¶ Mata tidak berakomodasi:
Perbesaran:

Panjang teropong:

¶ Mata berakomodasi maksimum:
Perbesaran:

Panjang teropong:


♫ Teropong Sandiwara
¶ Mata tidak berakomodasi:
Perbesaran:

Panjang teropong:

¶ Mata berakomodasi maksimum:
Perbesaran:

Panjang teropong:

Contoh Soal Teropong bintang
Sebuah teropong bintang berdiameter 10 cm memiliki jarak fokus obyektif 120 cm, dan perbesarannya untuk mata yang tidak berakomodasi 15 kali. berapakah panjang teropong?
Jawab:


maka fok= 8 cm

-Thank you-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar