!WELCOME!

Rabu, 15 Mei 2013

Alat Optik Mikroskop

Alat Optik IV

™Mikroskop™



Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampak jelas dan besar. Mikroskop terdiri atas 2 buah lensa cembung. Lensa yang dekat dengan benda yang diamati (objek) disebut lensa objektif dan lensa yang dekat dengan pengamat disebut lensa okuler. Mikroskop yang memiliki 2 buah lensa disebut mikroskop cahaya lensa ganda.

Penggunaan Mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum.
Pada mikroskop, lensa okuler berfungsi sebagai lup. Pengamat dengan mata berakomodasi maksimum menyebabkan bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif hrus terletak diruang I lensa okuler (di antara Ook dan fok). Hal ini bertujuan agar bayangan akhir yang dibentuk lensa okuler tepat pada titik dekat mata pengamat. Lukisan bayangan untuk mata berakomodasi maksimum:


Perbesaran yang terjadi:


Dan panjang tubus mikroskop:

Dengan S'ok = -Sn

Penggunaan mikroskop dengan mata tidak berakomodasi.
Agar mata pengamat dalam menggunakan mikroskop tidak berakomodasi, maka lensa okuler harus diatur/digeser supaya bayangan yang diambil oleh lensa objektif tepat jatuh pada fokus lensa okuler. Lukisan bayangan untuk mata tidak berakomodasi:


Perbesaran yang terjadi:


Dan panjang tubus mikroskop:

Contoh soal mikroskop
Sebuah benda berada pada jarak 2,5 cm didepan lensa objektif yang berfokus 2 cm. Bila fokus lensa okuler 10cm, maka hitunglah perbesaran mikroskop total dan perbesaran mikroskop bila mata berakomodasi maksimum!
Jawab:
Diketahui:
Sob=2,5 cm, fob=2 cm, fok=10 cm *tentukan M untuk mata berakomodasi maksimum.



-Thank you-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar